Rabu, 29 April 2015

Kamus Hidroponik


A
Aerator : Alat yang fungsinya memperkaya kandungan oksigen dalam air. Dibutuhkan pada hidroponik dengan sistem NFT pasif (tidak mengalir);

C
Cocopeat : Media tanam yang berasal dari serabut buah kelapa. Yang baik dipergunakan adalah yang bubuk dan sudah tidak mengeluarkan warna merah saat di rendam dalam air. Warna merah dalam air menandakan adanya zat tanin dalam metan, dapat mengakibatkan rasa pahit pada hasil budi daya.

D
DFT : (deep floating technique) nutrisi ny ngalir tp gk lsg hbs krn msh ad genangan

E
Etiolasi : tanaman yang tumbuh kutilang (kurus tinggi langsing) karena kurang sinar matahari
Evaporasi : penguapan air oleh sinar matahari. pada musim panas/kemarau proses evaporasi pada tanaman hidroponik lbh besar dibanding musim hujan, maka perlu sering dikontrol tandon nutrisi agar tak sampai kehabisan, dan biasanya disertai kenaikan pPm

F
Fertigasi :

G
Green House (GH) : bangunan rumah transparan/tembus cahaya matahari untik budidaya tanaman
Gully : adalah istilah tempat menanam dalam sistem NFT. Meski kadang pada DFT juga di sebut Gully.

H
Humifidier : alat pembuat kabut
HSS : Hari Setelah Semai
HST : Hari Setelah Tanam

K
Kutilang : kurus tinggi langsing

M
Metan : Media tanam
MKP : Monokalium Phosphate

N
NET POT : Pot mini sebagai wadah dalam hidroponik. Biasa dibuat dari plastik dengan banyak lubang agar akar tanaman dapat dengan mudah mengumpulkan nutrisi dari larutan nutrisi. Tersedia dalam aneka ukuran dan jenis.
NFT : Nutrient Film Technique, sistem dimana larutan nutrisi diberikan sangat dangkal/tipis dan mengalir terus menerus. Keuntangan sistem ini tercukupinya pasokan air dan nutrisi pada akar

Nutrisi : Gunanya sebagai sumber makanan bagi tumbuhan dalam sistem hidroponik. Karena unsur hara yang sedianya tersedia dalam tanah, harus disediakan manusia dalam bentuk mineral larutan dalam air. Nutrisi umumnya tersedia dalam dua paket, paket Makro dan mikro. Keduanya tidak bisa dicampur langsung tanpa campuran air.

P
Ph meter : alat ukur pH/ kadar asam basa larutan
Ppm : Parts per milion

R
Rockwool (RW) : Media tanam yang dibuat dari batu apung, bentuknya seperti busa. Mempunyai kemampuan mengikat dan menahan air, sehingga tanaman tidak cepat layu saat air tidak mengalir dalam teknik NFT.

S
Sebak : Sekam Bakar, metan yang dibuat dari sekam padi yang dibakar atau disangrai. Mempunyai kemampuan mengikat air cukup baik. Sehingga baik digunakan saat semai.
Seed : benih, biji, bibit
Simat : sinar matahari
Sprout : berkecambah

T
TDS meter/EC meter : alat ukur kepekatan/kadar ppm. Misal ppm std 5:5:1=800ppm >untk 400ppm= 5mlA:5mlB:0,5ltr air
Z
Zeolit : kerikil kucing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar